Aku Mulai Ragu dengan Jalan Ini, Apa Bener Aku Ini Lagi Dakwah

*"Aku Mulai Ragu dengan Jalan Ini, Apa Bener Aku Ini Lagi Dakwah?"*

Semakin lama berkutat sama aktivitas yang namanya dakwah kok rasanya makin asing aja ya. Terus muncul pertanyaan di hati, Apa yang sebenernya yang aku lakukan ini dakwah atau bukan yah?

Padahal dulu aku yakin betul pas awal-awal gabung kalo aku lagi dakwah, dakwah yang beneran dakwah. Aku rela ngorbanin waktu, tenaga, uang, dan lain-lain buat hanya sekedar syuro', yang 'katanya' memikirkan umat. Tapi semakin jauh kesini urusan dakwahku kayaknya hanya tinggal syuro', syuro', dan syuro'. Syuro' kesana kemari, capek nunggunya. Makin lama makin gak menghargai waktu. Yang dateng syuro' juga tambah kesini tambah keset (red: susah). Apakah aku ini beneran lagi dakwah?

Jujur aku dulu seneng ada disini, di dakwah ini, maklum pas awal-awal itu banyak temen-temenku ikut bareng sama aku. Tapi semakin kesini kok peminat aktivitas yang katanya dakwah ini malah semakin dikit, satu persatu temen-temenku melipir (red: menghilang). Ada yang berjejak, ada juga yang tanpa jejak. Malah ada juga yang sekarang ember banget, senengnya komentar negatif terus sama yang aku lakuin. Kadang makin kuat keyakinanku kalo aku ini sedang dakwah, kan semakin lama memang ujian dakwah semakin berat, katanya si begitu. tapi kadang juga muncul keraguan, aku ini sedang berdakwah gak sih?

Jujur waktu awal aku masuk di dunia yang katanya dunia dakwah ini, aku merasa menemukan yang selama ini aku cari. Aku nemu sebab untuk siapa shalatku selama ini, puasaku, dan ibadah-ibadahku. Bahkan aku yang tadinya gak pernah nyentuh mushaf (Al-Qur'an) sekarang tiap hari aku sentuh, aku baca, dan aku bawa kemana-mana. Aku pernah merenung dalam khusyuk-ku mabit bersama rekan-rekan dalam aktivitas dakwah ini. Kita qiyamullail bareng, aku kerasan banget ada di barisan ini. Kita mau jadi sholeh bareng-bareng, azzam kita begitu dulu. Soalnya sebelumnya aku gak pernah kepikiran bisa qiyamullail 11 rakaat. Tapi sama mereka ternyata aku bisa. Tapi akhir-akhir ini dakwah pula yang menjauhkanku dari aktivitas itu. Aku diminta inilah, diminta itulah yang notabene membuatku terbiasa meninggalkan interaksiku dengan mushaf, aku capek sampe gak sempet qiyamullail lagi seperti dulu lagi. Aku semakin ragu lagi, apakah aku ini lagi berdakwah?

Sekarang aktivitasku cuma bikin event ini, event itu. Malem ini bantu agenda ini, siang harinya bantu agenda itu. Kalo gini terus kapan aku bisa kajian? Kapan aku bisa baca Quran dan memenuhi target hafalan. Udah gitu kalo kerjaan gak beres dicemooh lagi. Padahal mereka gak tahu aja kita udah ngorbanin waktu, tenaga, pikiran, gak jarang juga korban duit buat bantu dan garapin agendanya. Toh gak  ngarepin diganti juga, apalagi dibayar. Ya Allah bukankah ukhuwah dalam dakwah itu manis? Apa bener aku ini lagi dakwah?

Dulu pas mau diajak aja kata-katanya manis, sekarang pas udah seaktivitas isinya cuma komentar pedes terus. Pokonya bikin risih lah omongannya, beda banget sama dulu pas di awal. Dulu bilangnya ukhuwah, aku tergiur dan emang kerasa kok ukhuwahnya. Tapi sekarang malah aku sampe muak kalo denger kata-kata ukhuwah. Semakin kesini ukhuwah itu udah kaya kata-kata bullshit! Semakin ragu lagi, aku ini lagi beneran di lingkungan dakwah atau enggak si?

Ikhwah Fillah, adakah kalian sama halnya dengan yang kurasakan? Adakah kalian sekarang tahu kenapa banyak teman-teman kita yang tadinya satu barisan tiba-tiba melipir memilih jalan lain? Adakah kalian sekarang tahu kenapa ada diantara mereka malah menjadi punggawa barisan sakit hati yang kerjanya nyinyir terus sama aktivitas kita.

Sadarkah bahwa kita ini memang sedang berdakwah! Kita benar-benar sedang dan akan selalu berdakwah!!! Janganlah iri sama amanah mereka yang setiap harinya berada di masjid, karena setiap da'i memiliki ranahnya masing-masing untuk bergerak (red: dakwah). Irilah sama aktivitas mereka yang senantiasa dekat dengan masjid, karena mau dimanapun kita ditempatkan harusnya kita masih tetep intens interaksinya sama masjid! Bukan hanya karena beramanah di masjid terus kita sering di masjid, pas gak di amanahin di masjid seringnya males ke masjid. Justru makin jauh jarak dan amanah kita sama masjid, usahanya makin keras buat ke masjid. Ini bukti komitmen dakwah kita seharusnya.

Terus mau apapun yang terjadi sama temen kita yang selalunya telat syuro', jawab kita harusnya cuma satu. Katain aja dalam hati "Aku gak peduli!. Yang penting aku berusaha dateng tepat waktu aja, itu kewajibanku! Ini jalan dakwahku!" Toh mau kita apakan juga tetap yang bisa membolak-balikkan hati cuma Allah. Bersyukur aja dia masih satu barisan sama kita, masih tetep meringankan beban kita. Inilah komitmen kader dakwah sama amanah dakwah. Kalo udah komit pasti gak akan ragu kalo kita sekarang ini lagi berdakwah. Iya kita ini lagi dakwah!

Beruntungnya aku pernah dipercaya dan sampe sekarang memiliki amanah dakwah. Beruntung juga dulu udah pernah tersentuh aktivitas dakwah. Dari gak pernah baca mushaf sebelumnya sampe sekarang dibawa kemana-mana ditengah aktivitas yang menuntut ini dan menuntut itu. kadang juga agak males baca meski udah dibawa-bawa terus mushafnya. Tapi tuntutan yang banyak malah rasanya nikmat aja pas nglawan males,, terus buka mushaf dan melahap halamannya satu persatu. Jujur gak sampe hati, bodohnya aku kalo mau ninggalin jalan yang udah buatku berubah. Mana mungkin aku mau ninggalin jalan dakwahku ini. Iya jalan dakwah yang buat kita bisa berubah!

Shalatku yang tadinya cuma asal tertunaikan aja, puasaku yang cuma nahan laper sama haus aja, dan ibadah-ibadah lainnya semakin berkualitas karena di jalan ini aku memahami bahwa ada ilmu sebelum amal. Memang sampe saat ini masih belum terlalu bagus dan belum bisa disebut ahli ibadah. Namun kulaitas ibadahku jauh lebih meningkat dibanding sebelumnya. Makanya gak sampe hati dan gak habis pikir aja, kok teganya pada ninggalin jalan ini hanya karena mereka pengin lebih sering dateng ke kajian-kajian dan majlis ilmu dan meninggalkan amanah mereka yang katanya menyita waktu karena dituntut inilah dituntut itulah, wah macem-macem pokoknya. Lupakah kita sama sentuhan dakwah ini yang telah memantik kita buat seneng dateng ke kajian-kajian, lebih dekat sama Allah, sama Al-Quran, sama Masjid? Lupa sama dakwah yang udah ngenalin itu semua?

Kobodohan kita saat ini adalah seringkali menjadikan dakwah ini sebagai sebab atas kemalasan kita. Menjadikan alasan aktivitas dakwah (red: yang masih diragukannya) itu yang menyebabkan ruhiyahnya kering. Berbeda ketika awal masuk sebagai kader dakwah yang baru, rasanya seringkali disirami dengan aktivitas-aktivitas ruhiyah. Dari target tilawah sampai qiyamullail pun dicek. Kalau gak sesuai target  malah ada yang sampe di iqab (red: hukum). Tapi semakin kesini semakin acuh, udah gak diurusin lagi urusan ruhiyahku. Sampe akhirnya jadi begini deh aku, sering males ngaji, tilawah, shalat sunnah, kadang juga yang wajib suka ditunda. Namun coba renungkan sejenak, semakin kesini apakah kader dakwah amanahnya semakin ringan? Garapannya semakin mudah? Aktivitasnya semakin sedikit? Apa iya masih perlu di awasi lagi ruhiyahnya buat tetep jalan target-targetnya?
Enggak kan?

Maka bertahanlah di jalan dakwah ini!
laiknya Khalid bin Walid yang diturunkan paksa dari kursi pimpinan perang namun tetaplah ia menjalankan amanahnya sebagai prajurit yang siap dipimpin siapapun, siap ditempatkan dimanapun. Jadilah kita laiknya Maryam yang bersedia menggoyangkan pohon kurma pasca letihnya melahirkan putranya, Isa AS atas perintah Allah. Atau jika memang mampu jadilah seperti Ismail yang memberikan ketenangan kepada Ibrahim untuk menjalankan perintah Kurban, sampai Allah menurunkan kuasa-Nya atas ikhtiar hamba dalam menjalankan komitmennya sebagai utusan Allah. Bertahanlah di jalan ini, jalan dakwah ini sampai ikhtar kita nanti Allah balas dengan kuasa pertolongan-Nya. Hingga nanti habis masa kita, biarlah dakwah ini jadi saksi kalo aku pernah membela agama-Nya.

Wallahu a'lam bishshawab...

Nuryasin, 10 Januari 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

" Mempertahankan Taqwa Pasca Ramadhan"